Senin, 19 November 2012

Prinsip Pembelajaran Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Prinsip-prinsip Pembelajaran Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus


1.       Tunanetra
       - Prinsip kekonkritan
       - Prinsip pengalaman yang menyatu
       - Prinsip belajar sambil melakukan (learning by doing)
       - Kemandirian
       - Berkesinambungan
2.       Tunarungu
       - Prisnip keterarahan wajah
       - Prinsip keterarahan suara
       - Prinsip keperagaan
3.       Tunagrahita
       - Prinsip keperagaan
       - Prinsip kasih sayang
       - Prinsip rehabilitatif
4.       Tunadaksa
       - Prinsip kasih sayang
       - Prinsip habilitasi dan rehabilitasi
5.       Tunalaras
       - Kebebasan yang terarah
       - Penggunaan waktu luang
       - Kepatuhan
       - Kebutuhan dan keaktifan
       - Setia kawan
       - Minat dan kemampuan
       - Emosi, sosial dan prilaku
       - Disiplin
       - Kasih sayang
         Namun yang terpenting adalah Kepatuhan,
6.       Anak Berbakat
       - Percepatan
       - Pengayaan
7.       Anak Autis
       - Kontak mata
       - Kasih sayang
       - Kepatuhan
       - Minat dan bakat
8.       Anak Lamban Belajar
       - Kontektual
       - Motifasi 

Sumber : Perkuliahan tanggal 19 November 2012 oleh Drs. Subagyo, M.Si.

1 komentar:

Jangan lupa komentarnya :)