Sabtu, 12 November 2011

Pengertian TunaLaras

Pengertian TunaLaras
Tunalaras adalah individu yang mengalami hambatan dalam mengendalikan emosi dan kontrol sosial.
Individu tunalaras biasanya menunjukan perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku di sekitarnya. Tunalaras dapat disebabkan karena faktor internal dan faktor eksternal yaitu pengaruh dari lingkungan sekitar.

Menurut Hallahan & Kauffman (Dalam Mohammad Efendi, 2006 : 142) “Sebutan anak berkelainan perilaku (Tunalaras) didasarkan pada realitanya bahwa penderita kelainan perilaku mengalami problema intrapersonal dan/ atau interpersonal secara ekstrem.
Menurut ketentuan yang ditetapkan dalam Undang-Undang Pokok Pendidikan No.12 Tahun 1952, anak tunalaras adalah individu yang mempunyai tingkah laku menyimpang/ erkelainan, tidak memiliki sikap, melakukan pelanggaran terhadap peraturan dan norma-norma sosial dengan frekuensi yang cukup besar, tidak/kurang mempunyai toleransi terhadap kelompok dan orang lain, serta mudah terpengaruh oleh suasana, sehingga membuat kesulitan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Dalam Dokumen Kurikulum SLB Bagian E Tahun 1977, yang disebut Tunalaras adalah :
1. Anak yang mengalami gangguan/ hambatan emosi dari tingkah laku sehingga tidak/ kurang menyesuaikan diri dengan baik, baik terhadap lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat
2. Anak yang mempunyai kebiasaan melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat
3. Anak yang melakukan kejahatan.

Berangkat dari pemikiran di atas, seseorang yang diidentifikasi mengalami gangguan atau kelainan perilaku adalah individu yang :
1. Tidak mampu mendefinisikan secara tepat kesehatan mental dan perilaku yang normal
2. Tidak mampu mengukur emosi dan perilakunya sendiri
3. Mengalami kesulitan dalam menjalankan fungsi sosialisasi
(Hallahan & Kauffman, 1991).

Menurut T.Sutjihati Somantri, (2007 : 139) “ Anak tunalaras sering juga disebut anak tunasosial karena tingkah laku anak ini menunjukkan penentangan terhadap norma-norma sosial masyarakat yang berwujud seperti mencuri, mengganggu, dan menyakiti orang lain.”

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tunalaras dan http://dieza-eza.blogspot.com/2011/01/anak-tunalaras.html