Rabu, 03 Oktober 2012

Program Pembelajaran Individual


1.   Pengertian Program Pembelajaran Individual
Program Pembelajaran Individual (PPI) adalah suatu program pendidikan dalam bentuk pernyataan tertulis, untuk setiap siswa Anak Berkebutuhan Khusus yang dikembangklan berdasarkan hasil pertemuan Tim Pengembang PPI.

2.   Isi Program Pembelajaran Individual
a.   Pernyataan tentang taraf kinerja anak saat ini
b.   Pernyataan tentang tujuan umum dan tujuan khusus pembelajaran untuk jangka waktu tertentu (1  Semerter / 2 Semester)
 c.  Pernyataan tentang bentuk layanan khusus yang tersedia bagi setiap siswa dengan kebutuhan khusus dan perluasan untuk mengikuti program regular.
 d.   Proyeksi waktu yang digunakan untuk memulai kegiatan dan antisipasi waktu pelayanan
 e.   Kriteria pencapaian tujuan pembelajaran dan prosedur evaluasi

3.   Kegunaan Program Pembelajaran Individual
Program Pendidikan Individu untuk menjamin bahwa siswa dengan kebutuhan khusus memiliki suatu program yang diindividualkan untuk mempertemukan kebutuhan untuknya dan mengkomunikasikan secara tertulis kepada individu-individu yang berkepentingan.

4.   Langkah-langkah Pengembangan Program Pembelajaran Individual
a.      Membentuk Tim
b.     Membentuk Asesmen kekuatan, kelemahan dan minat anak
c.      Membentuk tujuan umum (jangka panjang) dan tujuan khusus (jangka pendek) pembelajaran.
d.     Membentuk prosedur dan metode pembelajaran
e.      Membentuk metode evaluasi kemampuan anak

5.   Tim Program Pembelajaran Individual
a.      Guru Pendidikan Khusus
b.     Guru regular/ guru kelas
c.      Diagnostician
d.     Kepala sekolah
e.      Orang tua
f.       Siswa yang bersangkutan (apabila diperlukan)
g.     Spesialis lain (konselor, guru musik, guru seni, guru olahraga dan lain-lain



Sumber : Mata kuliah Identifikasi dan Asessmen ABK II , oleh Drs. Munawir Yusuf, 3 Oktober 2012