1. Pengertian Program Pembelajaran Individual
Program Pembelajaran Individual
(PPI) adalah suatu program pendidikan dalam bentuk pernyataan tertulis, untuk
setiap siswa Anak Berkebutuhan Khusus yang dikembangklan berdasarkan hasil
pertemuan Tim Pengembang PPI.
2. Isi Program Pembelajaran Individual
a. Pernyataan tentang taraf kinerja anak saat
ini
b. Pernyataan tentang tujuan umum dan tujuan
khusus pembelajaran untuk jangka waktu tertentu (1 Semerter / 2 Semester)
c. Pernyataan tentang bentuk layanan khusus
yang tersedia bagi setiap siswa dengan kebutuhan khusus dan perluasan untuk
mengikuti program regular.
d. Proyeksi waktu yang digunakan untuk
memulai kegiatan dan antisipasi waktu pelayanan
e. Kriteria pencapaian tujuan pembelajaran
dan prosedur evaluasi
3. Kegunaan Program Pembelajaran Individual
Program Pendidikan Individu untuk menjamin bahwa siswa dengan
kebutuhan khusus memiliki suatu program yang diindividualkan untuk
mempertemukan kebutuhan untuknya dan mengkomunikasikan secara tertulis kepada
individu-individu yang berkepentingan.
4. Langkah-langkah Pengembangan Program Pembelajaran
Individual
a. Membentuk Tim
b. Membentuk Asesmen kekuatan, kelemahan dan
minat anak
c. Membentuk tujuan umum (jangka panjang) dan
tujuan khusus (jangka pendek) pembelajaran.
d. Membentuk prosedur dan metode pembelajaran
e. Membentuk metode evaluasi kemampuan anak
5. Tim Program Pembelajaran Individual
a. Guru Pendidikan Khusus
b. Guru regular/ guru kelas
c. Diagnostician
d. Kepala sekolah
e. Orang tua
f. Siswa yang bersangkutan (apabila
diperlukan)
g. Spesialis lain (konselor, guru musik, guru
seni, guru olahraga dan lain-lain
Sumber : Mata kuliah Identifikasi dan Asessmen ABK II , oleh Drs. Munawir Yusuf, 3 Oktober 2012
0 komentar:
Posting Komentar
Jangan lupa komentarnya :)